"tiada kata terlambat untuk belajar dan menambah ilmu pengetahuan"

Thursday, January 17, 2013

Cara Menghapus Installasi Windows 8

Anda sudah mencoba Windows 8 ? mungkin sebagian dari Anda sudah "mencicipi" OS terbaru besutan Microsoft ini.Saya sendiri sudah mencoba Windows 8 ,ya..walaupun belum bisa beli OS yang asli alias hasil download-an..hehehe..

Sebetulnya Saya sangat sayang pada OS Win 7 Ultimate ( original alias genuine lho..hehehe) yang sudah ada pada netbook Saya. Karena penasaran pada Windows 8 jadi saya mencoba install dual OS ( Win 7 & Win 8) pada netbook Saya. Memang ada pilihan OS yang akan Anda gunakan pada saat Anda meghidupkan komputer bila Anda menginstall Windows 8,tapi karena diinstall dual OS netbook jadi terasa lambat alias lemot.

Saya akan berbagi sedikit tips bagaimana caranya untuk menghapus installasi Windows 8 pada komputer Anda. Langsung aja kita ke TeKaPe.. :)

Sebelum kita mulai langkah-langkahnya, pertama yakinkan diri Anda untuk menghapus Installasi Windows 8 di komputer,jangan setengah-setengah ya...

1.Pertama kita masuk ke menu "system configuration",caranya pada menu start (logo windows), ketikan "msconfig" (tanpa tanda kutip) , atau tekan tombol start dan huruf R secara bersamaan, ketika keluar menu "run" ketikan " msconfig",lalu klik "ok" seperti gambar berikut :


2.Ketika menu "system configuration" sudah tampil, klik tab "boot" lalu lihat,pasti ada pilihan 2 booting OS,Windows 8 dan Windows 7. Pilih Windows 7,lalu klik "set as default", biar lebih jelas coba intip gambar berikut.


Setelah Windows 7 di "set as default", pilih Windows 8, lalu klik "delete", coba Anda lihat gambar.


Maka akan tampil seperti gambar berikut, lalu klik "apply" dan "ok"


Komputer akan meminta Anda untuk menghidupkan ulang  komputer Anda, klik "restart", lalu tunggu komputer Anda dihidupkan ulang.


3.Setelah komputer Anda hidup kembali, klik "start", pilih "control panel", pilih "administrative tools", pilih "computer management", lalu cari pilihan "storage", pilih "disk management".

4.Pada menu "disk management", klik kanan partisi yang Anda gunakan untuk menginstall Windows 8 (disini saya menggunakan partisi / drive G: ), lalu klik "delete volume".



5.Maka akan tampak seperti gambar berikut, maka partisi installasi Windows 8 Anda sudah hilang, setelah selesai restart komputer Anda.


Sekian sedikit tips dari Saya tentang cara menghapus installasi Windows 8 dikomputer Anda, semoga bermanfaat, silahkan berikan kritik dan saran Anda, karena "Tak Ada Kata Terlambat Untuk Belajar  dan Menambah Ilmu Pengetahuan"








25 comments:

  1. om kalau partisinya ada file selain sistem operasi itu gimana? apakah akan terhapus secara full?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti kehapus om, sebaiknya dibackup dulu file pentngnya ke drive yg lain,jadi disisain file sistem operasinya aja

      Delete
  2. om kalo pas waktu beli laptop udah windows 8 instalannya.
    bisa di ganti jadi windows 7 ngga ?

    ReplyDelete
  3. bisa om, tapi apa ga sayang sama win 8 bawaan laptopnya? biasanya ori tuh.

    ReplyDelete
  4. selamat ya gan atas pernikahannya,, waktu hari sabtu, tanggal 08-02-2014 dengan saudari ita nurhasanah..,, maaf gak bisa dateng kondangan.. (dari kalangan keluarga ita nurhasanah).. salam kenal.. selamat mencari..

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih gan..salam kenal juga..ngomong² ini saudara dari ita ya? yg mana ya gan?

      Delete
    2. sory gan baru bales. lebih enak nya kita kopdar ja gan di rumah ente ja. gimana?? minta alamatnya yang skarang ja gan? nanti ane meluncur ke tkp, skalian bawa istri ente juga ya gan.. kangen dah lama gak ketemu teh ita.. waktunya cari yang pas biar ngobrol serunya bisa panjang. hehehe (muazim alfateh)

      Delete
  5. gan klu gak bs di delete dlm disk management gmn
    ?

    ReplyDelete
  6. Kalau di tab botnya hanya ada satu pilihan, hanya ada windows 8, windows 7 gk ada. Bagaimana ?

    ReplyDelete
  7. kalo langsung hapus dari windows 8 nya ga pake win 7 nya bisa gak?

    ReplyDelete
  8. Makasih ya gan, ana sebelum pusing tentang ini

    ReplyDelete
  9. guys, kalo hapus tampilan window 8 gmna? ingat! tampilan guy :)

    ReplyDelete
  10. guys, kalo hapus tampilan window 8 gmna? ingat! tampilan guy :)

    ReplyDelete
  11. Mas bro...
    Saya udh coba cara yg mas bro kasi tapi pas dibuka boot nya tidak ada pilihan windows 7 nya hanya ada windows 8 dan windows 8 nya tidak bisa di hapus gimana menurut pendapat mas bro cara yang ampuh nya lagi

    ReplyDelete
  12. Klo dri yg admin tuliskan kan ada dual os tpi di lptop sya cuma ada satu os apa sya install dlu windows 7 atau apus dlu windows 8 baru instal windows 7 mjom pencerahnnya min

    ReplyDelete