"tiada kata terlambat untuk belajar dan menambah ilmu pengetahuan"

Monday, September 29, 2014

Asus Zenfone 5 : Cara Mengganti Firmware CUCC (China UNICOM) ke WW (World Wide)

Apa kabar sobat Blogger..? Semoga sehat semua dan selalu dalam lindungan-Nya. Kali ini Saya mau sedikit berbagi pengalaman dan langkah-langkah ganti firmware CUCC (China UNICOM) ke WW (World Wide) pada Asus Zenfone 5.

Awalnya ketika membelikan istri handphone Asus Zenfone 5 ternyata yang saya beli itu barang BM dan sering terjadi masalah timbulnya notifikasi permission setiap membuka aplikasi galeri,WhatsApp,BBM,FB, dan notifikasi itu sangat mengganggu. Ternyata masalahnya ada di versi firmwarenya. Saya beli Asus Zenfone 5 T00F Z2580 2ghz, 2gb RAM 16gb ROM yang ternyata imagenya CUCC(China UNICOM) tapi firmware WW(World Wide) dan tidak bisa diupdate.Karena image CUCC (China Unicom) harus diganti ke image WW, baru bisa diupdate SKU WW. 

Berikut ini penampakan yang sangat mengganggu di Z5 Saya:




Walaupun sudah saya check pilihan "do not show next time" pasti kan muncul lagi notifikasi tersebut. Setelah menjelajah dan bertanya ke mbah Google dan juga sempat 4x gagal ganti firmware akhirnya berhasil juga, disini akan saya share langkah-langkahnya, tapi...Saya ingatkan ya sobat Blogger..tolong diperhatikan langkah-langkahnya dan resiko bila gagal sobat tanggung sendiri, tapi bila benar mengikuti langkah-langkahnya tidak akan ada masalah, karena Saya sendiri berhasil 100%..hehehehe..

Syarat utama sebelum ganti firmware adalah Asus Z5 Sobat harus sudah di root, untuk cara rootnya silahkan googling sendiri ya Sobat, atau download langsung file ZenfoneRoot.apk dan install di Z5 Sobat.

Bahan yang perlu dipersiapkan:
  • Intel driver untuk  Asus Zenfone, download disini , lalu install drivernya di PC.
  • ADB fast tool,download disini 
  • Download firmware resmi dari Asus Zenfone 5 ( T00F ) V1.14.40.50 untuk WW SKU disitus resmi Asus : klik disini
  • Software notepad ++, winrar.
  • Segelas Kopi Hitam dan sebungkus rokok :)
Tolong perhatikan langkah-langkahnya dengan seksama dan jangan terburu-buru:
  1.  Setelah Asus Z5 sudah diroot, jangan lupa install ES file Explorer dari Playstore. Masuk pengaturan di aplikasi ES file Explorer, dan hidupkan opsi penjelajah root. Lalu masuk ke pengaturan Z5 dan aktifkan "USB debugging".
  2. Rename file firmware hasil download di situs resmi Asus, misalnya : UL_ASUS_T00F_WW_1_14_40_50_user menjadi asus14.
  3. Ekstrak ADB fast tool hasil download
  4. Copy file firmware hasil download di folder tempat Sobat mengekstrak  ADB fast tool  
  5. Klik kanan  firmware  Asus, lalu open with winrar, pilih file boot.img dan fastboot.img, klik kanan lalu pilih menu " ekstrak without confirmation", lalu buka folder recovery, pilih recovery-from-boot klik kanan "ekstrak without confirmation",masih dalam folder recovery, buka folder etc, pilih install-recovery-sh, klik kanan "ekstrak without confirmation", bila langkahnya benar maka akan ada 4 file tersebut didalam folder ADB fast tool.
  6. Masuk ke folder ADB fast boot, klik kanan install-recovery-sh, open with notepad++, ganti tulisan /system/recovery-from-boot.p menjadi /data/local/tmp/recovery-from-boot.p lalu save.
  7. Sambungkan Z5 ke PC dengan USB cable, copy file  recovery-from-boot.p dan install-recovery.sh ke dalam penyimpanan internal Z5, bebas di folder mana saja.Lalu di Z5 buka ES file explorer, cari file yang tadi sobat copy, lalu cut kedua file tersebut dan paste di folder /data/local/tmp. Cabut kabel USB yang menghubungkan Z5 Sobat, setelah itu matikan Z5.
  8. Masuk ke droidboot di Z5, caranya tekan tombol power dan vol up secara bersamaan, ketika sudah masuk droidboot, sambungkan kembali Z5 ke PC, lalu dalam folder ADB fast boot di PC, buka open.cmd, ketika layar CMD tampil ketikan " fastboot devices" (tanpa tanda kutip) untuk memastikan apakah Z5 Sobat sudah terdeteksi apa belum, bila sudah maka akan tampil list devices yang terdeteksi.
  9. Masih dalam CMD, ketikan "fastboot flash fastboot fastboot.img"(tanpa tanda kutip) lalu tekan enter. Tunggu sampai proses selesai. Lalu ketikan "fastboot flash boot boot.img"(tanpa tanda kutip) lalu tekan enter. Tunggu sampai proses selesai, setelah selesai restart /reboot Z5. Jika Sobat berhasil masuk kembali ke Z5 berarti tidak ada masalah. Lalu ketikan "adb shell" (tanpa tanda kutip) di CMD, kemudian ketik "su" (tanpa tanda kutip),Perhatikan Z5 Sobat, ketika muncul notifikasi dari super user pilih ijinkan/grant. Lalu di CMD ketikan "sh data/local/tmp/install-recovery.sh" (tanpa tanda kutip), setelah selesai matikan Z5, dan CMD jangan ditutup.
  10. Cabut dulu koneksi Z5 dan PC, masuk lagi ke droidboot, pilih recovery, Z5 akan restart, tunggu sampai keluar logo android, tahan tombol vol down, dan tekan vol up sekali, Lalu sambungkan lagi Z5 ke PC. Ketika keluar pilihan, pilih "apply update from ADB",dengan menggerakan tombol vol up/down lalu tekan tombol power untuk menjalankan perintah.
  11. Di CMD, ketikan "adb sideload asus14.zip"(tanpa tanda kutip)(asus14 adalah firmware Asus yang sudah direname,lihat langkah 2) Lalu tekan enter, akan tampil di CMD tulisan: sent asus14.zip tunggu sampai proses 100 % dan JANGAN DITUTUP CMD nya.
  12. Ketika sudah 100% lihat ke Z5 Sobat, bila berhasil akan keluar tulisan "Install from ADB complete" dan abaikan saja tulisan "E: Cannot load Volume/miscl". Lalu pada Z5 pilih "wipe cache partition" dengan menggerakan tombol vol up/down lalu tekan tombol power untuk menjalankan perintah.
  13. Tunggu sampai proses selesai, lalu restart Z5 Sobat dengan memilih pilihan "reboot system now".
  14. Bila berhasil maka Z5 akan hidup normal lagi, dan silahkan cek versi firmwarenya di pengaturan.Setelah diganti ke firmware WW, Sobat bisa mendownload firmware terbaru Version  V1.18.40.9 (WW), yang sudah support OTG.

Selamat mencoba dan semoga sukses...!!

sumber : pengalaman pribadi, mbah google, xda developer
foto : koleksi pribadi

update : buat yang mengalami masalah step 8, devices tidak terdeteksi, coba diinstall terlebih dahulu intel driver Asus Zenfone sebelum Z5 dikoneksikan ke PC.


"Tak Ada Kata Terlambat Untuk Belajar  dan Menambah Ilmu Pengetahuan"

233 comments:

  1. terima kasih, sangat bermanfaat, follow blog saya ya hasbulahhasan.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. gan, saya memiliki masalah yang sama dengan hp istri agan,
    saya berencana memakai cara ini untuk ganti firmware saya,
    kira2 kalo sudah berhasil downgrade ke 1.14 , untuk upgrade ke 1.18 nya bisa langsung dari HP atau harus manual dengan ADB tools nya yah?? terimakasi banyak,

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa om, enakan updatenya pake ADB tool aj :)

      Delete
    2. gan, kalo sudah berhasil jadi ke WW 1.14, update ke ww 1.18 dengan sideload harus pake step fastboot img lagi atau tidak yah?? atau langsung sideload 1.18?
      dan kalo loncat lgsg dari 1,14 ke 1.18 boleh atau harus ke 1.16 dulu?? terima kasih banyak gan ilmunya :)

      Delete
    3. dan satu lagi gan, kalo boleh tahu FW HPnya sebelumnya WW seri 1.96 yg 2019 itu bukan yah? Z5 saya begitu soalnya :)

      Delete
    4. punya saya juga sebelumnya WW seri 1.96 2019, saran saya ubah ke WW 1.14, trus lngsung update aja ke 1.18, ga usah ke 1.16 dlu, klo pke ADB lngsung sideload aj om :)

      Delete
    5. tapi setelah didowngrade, mau update ke kitkat gak bisa via ota yah gan, harus manual.

      Delete
  3. gan help aq dah ubdate versi ww 18 kok tau tau hapi mati sendiri terus restart

    ReplyDelete
    Replies
    1. updatenya dari versi brapa om ? pke ADB juga updatenya?

      Delete
  4. gam @Maman Sulaeman fw saya versi 1.96 apakah ada cara khusus untuk me root kannya,,,soalnya saya sudah mencoba berbagai aplikasi rootzenfon tetap tidak muncul supersu-nya..mohon jawaban..

    ReplyDelete
  5. bemanfaat. akhirnya nemu juga step by stepnya. makasih..

    ReplyDelete
  6. Gan zenfone5 ane cn 1,96 tapi pas di droidboot skunya cucc nah itu gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikutin aja cara diatas om, ane ud coba bisa koq :)

      Delete
  7. gan punya ane kok gk bisa nih di nomer 8 kagak muncul muncul -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih sama gan,pas d droidboot devices nya ga ke detect sama sekali..
      mohon pencerahan nya gan :)

      Delete
    2. sudah diinstal apa blm intel driver untuk Asus Zenfone?

      Delete
    3. saya jg brhenti di nomr 8 mas, padahal jg sdh instal intel drivernya. mohon bantuannya. mohon bgt..

      Delete
    4. sekedar menambahkan dimenu android pilih setting-developer options-usb debugging - pilih cheklist, insya alloh bisa kedetect

      Delete
  8. help gan, pas di part 9 ketik su ane sudah ketik dan yg eluar su is not a commad. ane stuck disitu mohon bantuaan sesepuh yg susah berhasil

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas direstart Z5 nya kabel USB yg konek ke PC jangan dicabut dan CMD jangan ditutup om

      Delete
    2. klo mau di ulang lg gmna gan,trus klo buka aplikasi restart sendiri,mohon infonya ya

      Delete
  9. sama yg sebelum su adb shell balasannya error: more than one device and emulator

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu mungkin ada device lain yang terdeteksi om, coba di cek dulu di sambungan USB nya, cabut kabel USB yg terhubung ke PC, dan coba hanya Z5 aja yg terkoneksi ke USB.

      Delete
    2. kalo adb shell error.. setting lagi di zenfonenya.... pilih setting > about > software information > build number (tap sekitar 3 kali) lalu keliatan menu developer option" di bawah "about".. check "USB debugging".. balk lagi ke cmd... ketk dah adb shell dan su trus lanjut....

      Delete
  10. Sekedar berbagi,, kalo SKUnya CUCC, firmware harus dirubah dulu ke CUCC biar bisa di root..
    Selanjutnya seperti yang diajarin kang Maman

    ReplyDelete
  11. Mksh bang ilmux da berhsl ke 1.14

    ReplyDelete
  12. Skdr nmbhkan bang di step 11
    Adb sideload asus14 di tmbhkan .zip menjadi adb sideload asus14.zip..mksh ilmux bang n z da berhsl..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya ketinggalan .zip-nya ya..hehehe...makasih koreksinya om :)

      Delete
    2. Iya kang maman..soal pas step 11 z da mntk ternya ketinggln .zip nya kang..kang untk update ke 1.18 gimn ya kang n hrs mulai dr step brp lg mulaix..mksh kang ats ilmux..

      Delete
  13. Gan maman z da berhsl downgrade ke 1.14 untk up ke 1.18 crx gimn gan..mhn pncrhanx..

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat update ke 1.18, coba ikutin langkah diblog ini om : http://goo.gl/I4dCsJ
      semoga membantu :)

      Delete
  14. Kang maman mnta link untk up ke kitkat soalx blm dpt linkx nih..n cara kang maman 100% work..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mampir ke blog ini om : http://goo.gl/QFApWU

      Delete
  15. Gan
    Thanks bgt...
    100% work.

    Jadi dpt elmu baru.
    HH punya temen ane acak2 sampe bisa
    :D
    Soalnya temen kesel gara2 nongol notif mulu tiap buka Galery.

    O iya kl mau update ke UL_ASUS_T00F_WW_2_19_40_6
    ga bisa via adb sideload, mohon bantuannya ya gan
    thanks......

    ReplyDelete
  16. Gan...tu yang di download dr asus yg mana yg versi 1.14 ko ga ada ... ada yang 1.18
    Thanks gan info n mhon pncerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kok gan, kemarin juga sempet bingung nyari, ternyata Version V0625(WW) liat aja descriptionnya itu versi 1.14

      Delete
  17. Gan domisili dimana?ane bingung sama caranya,maklum cuma tau make doank hee..rencananya seh mau diserahin orang aja buat dg tp gak tau kemana

    ReplyDelete
  18. gan ane make windows 8 ane nyoba install intel driver for asus zenfone tapi gak bisa tulisannya "Installed aborted, This OS not supported trus gmn ya gan?. trus ane mau nanya kalau misalnya ane pindah ke WW make cara agan bisa dpt update OTA langsung dari asus nya gk ya gan? atau harus update manual setiap ada update baru?
    Mohon bantuannya Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah...saya nyoba cara diatas pke win 7 om, blm nyoba klo pake win 8.

      Delete
    2. emang gak bisa pake windows 8 kayak ane :D

      Delete
  19. Kang maman ane dah coba tapi stuck di step ke 8 ga kebaca lagi pas ketik "fastboot devices" munculnya comand ptomptnya aja ga muncul apa2 lagi trus next step selanjutnya pas abis ketik "fastboot flash fastboot fastboot.img" muncul "waiting for device" ane tungguin 45 menit kaga ada perubahan mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. USB debugging di pengaturan di Z5-nya ud disetting blm om?,coba masuk pengaturan, pilih/checklist opsi debugging USB

      Delete
    2. Udah ane centang usb debuging nya ... tp tetp kaya gtu selain ceklis debug apalagi yg di ceklist thanks y kang maman

      Delete
    3. persis kejadiannya kyk gw bg. knp tu yaa. brenti di nomer 8

      Delete
    4. sudah diinstal apa blm intel driver untuk Asus Zenfone?

      Delete
    5. Kalau Masalah Instal, Udah Pasti udah di instal Kang :'(

      Delete
  20. persis kejadian nya sama yg di atas bro. ga kedeteksi devicesnya bang. gmn tu bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya knpa ya ni masteernya blm ksh petunjuk...pdahal butuh bgt coz read contact ngeganggu bgt

      Delete
    2. Bantu jwb, sdh instal driver nya blm gan? di device manager ke detect?

      Delete
    3. Driver apanya di instal mas

      Delete
    4. intel driver untuk Asus Zenfone, coba dicek lagi om, diatas ada link downloadnya :)

      Delete
  21. Thx gan ane berhasil pindah ke WW, 100 work.
    Skrng firmware ane posisi di WW-1.18.40.9 mau upgrade ke Kitkat WW-2.19.40.18. Sdh berhasil di sideload 100% dan pas proses instalasi gagal trus, sdh coba cara manual jg dngan mengcopy file zip nya ke int memory, sm hasil nya gagal pas instalasi.
    Mohon pencerahan nya gan, mksh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gmn cara liat drivernya udh trinstall ap blon mas. Ini yg debicenya g ke detect

      Delete
    2. Colok zenfone 5, trus masuk ke device manager, klu sdh terinstal ada bacaan "Asus Android Composite ADB Interface".

      Delete
    3. Klo belom gmn dong bng caranya

      Delete
    4. Done, ane udah sukses update kitkat gan, ternyata harus update ke JB versi terakhir dulu, baru update ke Kitkat. :D

      Delete
    5. Jb versi t apa gan. Cara update ke ww 1.18 gmn y. Udh ww1.14 ni

      Delete
    6. mas bro masken, ane udah di posisi ww 1.14 skrg.
      cuma utk ke ww 1.18 kok gagal terus ya?
      boleh minta bantuannya?

      Terimakasih sebelumnya

      Delete
  22. Kalo belom gmn dong bang caranyaa

    ReplyDelete
  23. Mas? Saya juga stuck di step 8 nih, tolong dong di kasih masukan siapapun yang udah bisa, kasian yang belum bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba intel driver untuk Asus Zenfone diinstal dulu di PC, mungkin itu sebabnya ga terdeteksi Z5 nya om :)

      Delete
    2. Udah ane download kang maman tp malah ga ke detect driver nya gimana ya kang solusinya .... apa ada driver lain yg bisa di download klo ada mnta linknya thankss

      Delete
    3. Monggo di dowload ini driver z5 manual, http://dlcdnet.asus.com/pub/ASUS/ZenFone/A500CG/ASUS_Android_USB_drivers_for_Windows_20140325.zip

      Delete
    4. Bos, intel driver nya udah ane pasang. Tapi percuma ga ke detect hh nya pas nulis "fastboot devices"

      Delete
    5. Saya minta nomor hp bang maman sulaeman sama bang masken dong, mau nanya nanya nih, soalnya saya stuck di step 8 terus

      Delete
    6. Kang masken ane udah download driver manualnya trus di apain dstu ga da buat installnya

      Delete
    7. minta nmr hpnya bang maman, sudah mentok otak saya otak atik nya tak bisa

      Delete
  24. cara nge root zenfone 5 gmn kang maman

    ReplyDelete
    Replies
    1. download langsung file ZenfoneRoot.apk dan install di Z5, linknya ada diatas :)

      Delete
  25. saya pakai cucc_a500 fw ww_1.13 coba cara ini gagal terus gimana gan

    ReplyDelete
  26. firmware asalnya pas beli seri berapa bos?

    ReplyDelete
  27. nanya ne gan ES file explorer dimana ya apa sama dengan file manager dan aku sudah root kok gak bsa di cpoy filenya, permission denide

    ReplyDelete
  28. Kang maman ane udah smpe step 9 pas mau ketik "su" mlah muncul 'su' is not recognized as an internal or external command,operable program or batch file ...
    Jadi bukan muncul notifikasi di zen 5 nya... kira2 apanya ya gannn help pencerahannya thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa salah pas di adb shell nya ya kang krna pas di ketik adb she'll muncul tulisan device error gitu jadi harus diapain ya

      Delete
    2. sama gan punya saya jg gini kejadianya...
      mohon penjelasanya lg kang maman??

      Delete
    3. saya juga mentok di adb shell juga....mohon pencerahannya

      Delete
    4. ""ketikan "fastboot flash fastboot fastboot.img"(tanpa tanda kutip) lalu tekan enter. Tunggu sampai proses selesai. Lalu ketikan "fastboot flash boot boot.img"(tanpa tanda kutip) lalu tekan enter. Tunggu sampai proses selesai, setelah selesai restart /reboot Z5. Jika Sobat berhasil masuk kembali ke Z5 berarti tidak ada masalah"""

      apa langkah2 diatas ga ada masalah juga om? harusnya kalau langkah diatas ga ada masalah dan CMD tidak diclose dari awal proses, ketika mengetikan 'su' di CMD maka ga akan bermasalah juga, coba lagi om dicek dari awal :)

      Delete
  29. gan tu folder /data/local/tmp bikin baru dulu atau sudah ada di penyimpanan internal?? soalnya punya gw ga ada, jd gw bikin dulu folder /data/local/tmp tp di langkah 9 gagal katanya (no such file or directory), mohon pencerahanya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane bntu y gan. Itu udh ad di internalnya. Cari aj.

      Delete
    2. Gak bisa di copy ke folder gan yg no 7 permission denied

      Delete
    3. sama problem nya gan, data/local/tmp nya gaada di internal??

      Delete
    4. Saya juga mengalami hal yg sama pak, saya search d es, ada folder data tp ddalamnya kosong, trus ada folder tmp tp ddlm salh satu aplikasi...
      Mohon arahannya pak

      Delete
    5. root dulu, lalu setting > security > unknown service cek, lalu device rootnya di nyalain (pas root biasanya ada optionnya).... buka di es file bagian device ada folder data/local/tmp

      Delete
  30. Mohon Bantuannya Gan, klu punya saya printah "adb shell" sama "su" nya ngga jalan... gimana solusinya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ulangi dari langkah no. 8 dan perhatikan baik2 langkahnya, bisa jadi Z5 agan belum terdeteksi di PC. dan jangan close CMD kalau sudah mulai dijalankan ya om :)

      Delete
  31. mau nanya ga, gw dah berhasil ngelakuin cara diatas trus klo misalnya gw unroot, apa ntar gw bisa update via ota??

    ReplyDelete
  32. Kang maman. Kluarin cara root zenfone 5 yg udh kitkat dong. Mau root nih. Yg lama ilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti ya kang, waktunya belum ada nih, maklum sibuk nguli :D

      Delete
  33. kang versi 1.14 nya ga ada ni apakah boleh langsung loncat ke 1.18 atau 1.19 karna firmware saya 1.96 ni kang ,,, pusing keapala saya ,,,, tolong ya kang .

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kang, coba cek disitus asus http://goo.gl/fG9hsV, trus cari yang versi Version V0625(WW) itu dideskripsinya sama aja V1.14.40.50 for WW

      Delete
  34. Makasih banyak kang, udah sukses ini (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok bisa sukses, saya kok tak bisa-bisa, padahal langkah demi langkah sudah dicoba...mohon pencerahannya

      Delete
    2. coba diperhatikan om langkah2nya, mungkin ada yg kelewat, soalnya om Djohansyah ud sukses tuh :)

      Delete
  35. punya saya hh versi T00J_CN_User_1.96.40.50_20190731_6736, apakh langkah2 sama sprt diatas,gan? mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama gan.. punya ane juga begitu.. terus download yg CN .1.14.xx.xxx g ad gan..

      Delete
    2. nah itu dia,,ane jg bingung,,,,,mohon kang maman sulaeman,,,penjelasannya?

      Delete
    3. kalau download yg versi CN 1.14, di situs asus itu namanya Version V0625(CN) , coba perhatikan deskripsinya :)

      Delete
  36. gue punya problem ni..selepas adb shell su & ijinkan gak bisa ketik sh data/local/tmp/install-recovery.sh di cmd.mohon bantuin gue mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. langkah ke 6 sampai 7 ud bner belum om? udeh dicopy ke folder /data/local/tmp apa belum?

      Delete
  37. saya gagal di tranfert sideload asus14.zip nya gan.. . mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  38. step 9, malah bootloop gan. gmn ya? apa bs di skip langsung ke adb sideload?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh koq bisa om, kalau di skip langsung ke adb sideload saya ga ngejamin bisa om :(

      Delete
  39. kang maman klo punya saya dari build number tertulis : ASUS_T00J_WW_user_1.13.40.8 tapi saat update katanya device CN. bisa pakai cara ini ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya belum coba kalau versi T00J, saya ga ngejamin sukses ya om :)

      Delete
  40. Berhenti di step 8... :( devices gak konek...pasrah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intel driver untuk Asus Zenfone sudah diinstal? atau jangan2 pas lagi proses kabel USB nya kesenggol jadi ga konek ke PC :(

      Delete
  41. gan ane mw tanya zenfone 5 T00J ane blm ROOT fw versi WW 1.14 klo ane update fw WW 1.18 langsung gmn ? bisa ga ? karna klo ane cek update selalu up to date terus....mohon bantuan nya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus ke versi rendah dlu om, baru bis ke versi yang diatasnya :)

      Delete
  42. Ada cara lain gak ya kang?? Sama nih, berhenti di step 8 juga.. Gak terdetect
    Nuhun kang............

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intel driver untuk Asus Zenfone sudah diinstal? atau jangan2 pas lagi proses kabel USB nya kesenggol jadi ga konek ke PC :(

      soalnya beberapa orang ud suses ngikutin langkah2 saya diatas kang :)

      Delete
  43. udah di instal intel driver Asus Zenfone tetep g mao konek yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba restart PC, setelah restrat colokan lagi Z5, abis itu klik kanan my computer -> manage -> di computer management, klik device manager -> scan for hardware changes, disitu bisa terlihat apakah sudah terinstall apa belum drivernya, kalau sudah, pasti terdeteksi Z5 nya :)

      Delete
  44. Ane dah coba zenrootnya kok g bisa yah gan..? failed truss..

    ReplyDelete
  45. cara cek CUCC nya Gmana ya gan...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buka d droidboot nya boss.
      Matikan hh tahan tombol power+vol up bersamaan sampe muncul logo asus

      Delete
  46. hh ane versi T00J_CN_User_1.96.40.50_20190731_6736,,,,dah sukses ikutin langkah d atas semuanya kenapa nyamp step no 11...g kebaca gan...

    ReplyDelete
  47. gan ane sehabis nulis " adb shell dan su kan ada tanda # lalu ane tulis sh data/local/tmp/install-recovery.sh tapi kok diem aja ya. mohon pencerahanya

    ReplyDelete
  48. gan, langkah-langkah ini bisa dilakukan untuk zenfone 6 ga ya?

    ReplyDelete
  49. semua sudah ok tapi step terakhir sideload cannot read file zip firmware kang.. pliisss mohon pencerahan, trims

    ReplyDelete
  50. hay gan semua ,,, jika ada masalah pada step step dan tutorial kang maman jelasin ,,,, dan mau lebih detail coba hubungi nomor hp ini siap membantu anda 085279538281thank

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantap nih ada yg buka jasa bantuan online byphone.. hehehhe... makasih ya om udah mau bantu jawab pertanyaan diatas, soalnya ane sibuk kuli. :)

      Delete
  51. setelah sideload muncul ini

    assert failed:greater_than_int(getprop("ro.build.date.utc").1392739200)
    return code 8E:Error in /tmp/update.zip
    (Status 8)
    E: fota_return_code 403

    napa ya kang

    ReplyDelete
  52. kang Maman,kok aku stuk di langkah 10 ya? kan udah di konek lagi ke pc tapi kok tulisannya tetep no command ya? cmd nya jg blum di tutup kok padahal?

    ReplyDelete
  53. mohon pencerahannya kang pas ane ketik adb shell di CMD koq keterangannya malah error : device not found ya

    thx

    ReplyDelete
  54. kang maman, install sideload nya udh 100% tp tulisan nya instal aborted.. knp yahh itu kang?

    ReplyDelete
  55. kang maman hp ane kan bootlop, trus mau ane flash via adb sideload selalu gagal.. error cannot read zip?? ituh kenapa yah?? bingung saya pdahal semua cara udh ane ikutin..

    ReplyDelete
  56. gan firmware 1.14 di asusnya udah ga ada, ane download yg 1.18 tapi folder recocerynya ga ada. gimana gan ada solusi lain?

    ReplyDelete
  57. gan kenapa ya pas di abd shell saya ketik su malah jadi error?

    tolong jawab gan , makasih :)

    ReplyDelete
  58. gan saya udah sampe tahap 12 , tapi setelah 100% ga ada bacaan install adb complete gan .. malah ada bacaan eror
    jadi tetep pas d cek firmware juga ga berubah tetep d 1.96
    minta pencerahan gan :(

    ReplyDelete
  59. Makasih kang maman tutornya. Sukses 100%.
    Udh kitkat skrg. Mau update v2.20

    ReplyDelete
  60. Kang, sampe step 12 ga da masalah tpi begitu di reboot tetep ga robah masih 1.96.40.50.

    ReplyDelete
  61. Om pas ketik di cmd sh data/local/tmp ..... ga da respon , cobain lang sung ke send asus14, error

    ReplyDelete
  62. Terima kasih banyak Kang Maman atas info, pengetahuan dan pencerahannya.
    Berkat Kang Maman Z5 saya sekarang sudah upgrade ke Kitket :)

    ReplyDelete
  63. Saya juga baru beli asus, kok yaa kayak gini,sedangkan firmware nya aku ngak ngerti buat utek2 gituan huaahh.....

    ReplyDelete
  64. step 8 ngga muncul nih gan
    padahal udah instal drivernya

    ReplyDelete
  65. buka folder recovery, pilih recovery-from-boot klik kanan "ekstrak without confirmation",masih dalam folder recovery, buka folder etc, pilih install-recovery-sh, klik kanan "ekstrak without confirmation"


    Folder recovery nya ada dimana ya kang saya cari ndak ada..

    ReplyDelete
  66. Kang..Saya berencana mau beli Zenfone5 tapi masih bingung mau ambil yang mana biar aman soalnya versi dan garansinya banyak banget... Tolong dong gimana caranya liat apakah itu pake T00F_WW atau bukan, soalnya kotaknya kan masih segel. apakah ada tanda/ciri yang bisa diliat spek yang ada dikotak belakangnya. Tolong krm gambar lebelnya kalo ada ke : bbsfakhri@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  67. makasih banyak tutorial flashx mas... hehehe setelah beberapa hari googling ahirx problem is solved d blog mas... SKU saya sblumx TW ahirx brkat tutor super ini, berubah menjadi WW..semoga bernilai ibadah mas... aminn, ijin share ya mas hihihi

    ReplyDelete
  68. Lalu ketikan "adb shell" (tanpa tanda kutip) di CMD, kemudian ketik "su" (tanpa tanda kutip),Perhatikan Z5 Sobat, ketika muncul notifikasi dari super user pilih ijinkan/grant. tdk mncul notif mass.. sya hrus berbuat apa???

    ReplyDelete
  69. mas,,,zenfone 5 saya versi1.13.40.50 sku ww,,trs diupdate ga pernah bisa ya mas
    saya update lgsg dr hp

    ReplyDelete
  70. Gan... minta tolong cara root zenfone 5 nya gimana yah... udah cari berulang2 d google.. dpt trus udh ikutin caranya kok gak brhasil.. mulai dari pke Apk ktrangannya filed jg root dari Laptop jg gak bisa gak sukses... msalahnya dimana yah... ada solusi gak atau ada cara lain lgi yg lebih ampuh...

    ReplyDelete
  71. Gan, klo langsung pake ke versi 1.16.40.50 bisa gk,,??

    ReplyDelete
  72. gan numpang tanya maksud langkah ke 5 itu gimana, punya ane gak bisa dan malah jadi aneh

    ReplyDelete
  73. Makasih banyak yah gan tutorial nya. Ane dah berhasil rubah dari CUCC jadi WW. Meskipun ada trouble di step 8, setelah rubah tipe media menjadi camera dan colok lepas berkali-kali baru bisa ke-detect Zenfone ane. Sekarang sudah menikmati UL-ASUS_T00F-WW-2.20.40.13-user.zip . Thanks banget yah Gan tutorial nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. cara ngerubah tipe medianya gimana ya gan?? udah bolak balik cobak di droidboot tpi gk bisa2. mohon pencerahannya gan, makasi :)

      Delete
  74. gan ane bingung dah nih...semua step dah di ikutin dan berhasil melewati semuanya...tapi giliran di check firmwarenya masih tetep sama ga berusah sama sekali... haduh kenapa kira2...

    ReplyDelete
  75. Kalau proses no 9 bagian yang (Tunggu sampai proses selesai. Lalu ketikan "fastboot flash boot boot.img"(tanpa tanda kutip) lalu tekan enter. Tunggu sampai proses selesai, setelah selesai restart /reboot Z5) setelah reboot hanya sampai ke tulisan ASUS power by ANDROID aja gak mau lanjut, masalahnya apa bang? Terus nanganinnya gimana??
    Thank's..

    ReplyDelete
  76. gan numpang tanya untuk step 5 yang folder recovery, pilih recovery-from-boot kok gk ada ya..
    mohon pencerahan

    ReplyDelete
  77. Gann.Kalo Udah Kitkat Masih Bisa Ganti Firmware Ngga ?
    Kalo Bisa Mohon Pencerahannya Master ?

    :) :) :) :)


    ReplyDelete
  78. Gan kalo ane udah berhasil nih udah di 1.14 nah terus kalo misalkan nge up ke 1.18nya make windows 8 itu bahan bahan pendukungnya masih support apa gangaruh gan?

    ReplyDelete
  79. TEEEEEEEEEEEEEEEEERRRRRRIIIIIIIIIIIIMAAAAAAAAAAA KASIHHHHHHHHH
    SEMOGA ALLAH MEMBALAS ILMU YANG BERMANFAAT INI
    BERHASIL SETELAH 5 JAM

    ReplyDelete
  80. terlalu ribet...adakah cara yang simpel tapi sukses

    ReplyDelete
  81. Gan sya mendapat masalah ketika beli ni asus, langsung screennya tanpa di sentuh dah bergerak sendiri, aku pikir mungkin harus naikin anroidnya, eh ternyata ketika di upgrade k kitkat, masih sama, nah ada tau gak ya solusinya? makasih

    ReplyDelete
  82. HOREEE BERHASIL...........THANKS GAN....

    ReplyDelete
  83. kaanggg
    punya ku gak mw star up.
    loding trsss.
    gmn solusinya. kalo di kunci langsung restar.

    ReplyDelete
  84. Kang maman, klo dari TW ke WW menggunakan cara diatas bisa ga?
    Terima kasih infonya.

    ReplyDelete
  85. stuck di step 9 min pas ketik adb shell katanya: "adb" is not reconized as an internal or eksternal comand,operable program or batch file. pas step" sebelumnya berhasil
    tapi pas ini kok ga bisa truss ane ketik lagi fastboot devices ga keluar apa" padahal pas waktu di droidboot keluar mohon bantuannya...

    ReplyDelete
  86. gan, saya sudah sukses 100% dengan cara diatas, thanks sebelumnya :D, hasilnya memuaskan, padahal sudah googling dimana2,

    tapi saya ada sedikit kendala dimana setelah z5 saya hidup smart savingnya / power saver stopped trus, apakah gan ad solusi untuk masalah ini,

    saya minta izin share artikel agan yang bermanfaat ini, tentunya termasuk alamat blog yang sesungguhnya....thanks

    ReplyDelete
  87. gan doain ane mau nyoba semoga berhasilll

    ReplyDelete
  88. Waktu langkah ini. keluar notif erro. tidak ada perindah tanda seru
    Cabut dulu koneksi Z5 dan PC, masuk lagi ke droidboot, pilih recovery, Z5 akan restart, tunggu sampai keluar logo android, tahan tombol vol down, dan tekan vol up sekali, Lalu sambungkan lagi Z5 ke PC. Ketika keluar pilihan, pilih "apply update from ADB",dengan menggerakan tombol vol up/down lalu tekan tombol power untuk menjalankan perintah.

    ReplyDelete
  89. thx gan saya berhasil update ke versi ww 1.14.40.50...ada kendala sedikit pas fasboot biar keluar superSU ga nongol2 akhirnya coba android yg lain yg udh di root ada superSU dikirim dah via wifi soalnya via bluetooth ga bs kirim...tp sudah lancar ampe beres..nah ane pgn tanya nih gan klo versi loncat2 gt apa yg versi sebelum2nya sudah termasuk gan?

    ReplyDelete
  90. gan kalo mau update ke 1.18.40.9 nulisnya apa y

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan ane mungkin bisa bantu aja nih,klo udh di update ke ww.1.14.40.50 tinggal lanjutin dr hp masuk ke mode droid masuk recovery dan sudah nongol gambar androidnya pencet tombol down lalu up lalu apply update from adb,nah klo di atas sih mulai point ke 10 gan...ga usah du root lg lgsg aja...ane udh lancar koq sampai kit kat nih sekarang versi 2.20.40.13.jgn lupa jg nanti klo udh update ke 1.18.40.9 trus ke 1.18.40.10 dulu baru up grade ke kit kat..semoga bermanfaat..

      Delete
  91. gan mau tanya, maaf kalo salah kamar, masalh koneksi di Asus ZenFone 5, ane baru update kitket, tp setelah itu koneksi internet sinyal jadi bermasalah, aneh y lagi , ane bisa internetan apabila sinyal internet y E, kalo di G atah H, malah tidak bisa mau brosing dll tidak bisa, itu kenapa y,

    ReplyDelete
  92. gan tolong dong zenfone ane botloop :(

    ReplyDelete
  93. ALhamdulillah, work ! mksih mas atas tutorialnya, benar2 bermanfaat :D
    tips : buat yg masih gk kebaca zenfonnya pada step 8, coba update drivernya pake file yang di kasih oleh mas Masken di atas ! :D

    ReplyDelete
  94. gan di step 9 setelah di reeboot hp ane stuck di logo asus gimana nih?

    ReplyDelete
  95. mantap ma2n,sangat berguna,saya sudah coba dan sukes 100%,maaci ma2n:*

    ReplyDelete
  96. Work 100% om maman sekali proses tnpa hambatan....mksh y,,berkarya trus om maman,,,,dtnggu info slanjutnya,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. oya saran z,,,klo ada error any devices gt pada CMD kan artinya ada device lain d USB,,,,yg udah install bluestack d leppi ny di uninstall dlu,,,soalnya bluestack dianggap usb sma leppi,,,itu ane alamin sendiri,,,,,gutlak semuanya....

      Delete
  97. gan bikin video turorialnya donk supaya lebih di mengerti. makasih

    ReplyDelete
  98. Ga work gan masih tetep cucc 1.17 . Seluruh proses berjalan dengan lancar tapi hasil akhirnya belum menemui titik temu gan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ralat gan barusan setelah ane ke droidboot skunya ww tapi ane gatau asalnya cucc atau memang udah ww. Tapi di build number masih cucc

      Delete
  99. gan sya kok E : fota_return_code 403 installation aborted terus

    ReplyDelete
  100. kang kenapa setelah saya flash zenfone 5 ane berhasil tapi tidak dapat sinyal operator..?dapat sih tapi harus keluar rumah sebelum di flash tdk begitu kira2 penyebebnya apa..?mohon

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kang.. saya juga begitu tidak dapat sinya.. sim card.. semua provider sudah coba tapi tetap tidak bisa... tolong solusinya

      Delete
  101. stuck di step 11 gan, cannot read asus14.zip?ada yg salahkah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama gan problem ente sama ane...udah diulang ulang tetep aja cannot read asus14.zip, droidboot skunya ww Tapi di build number masih cucc. tolong agan maman kasih tau pencerahannya trim...

      Delete
    2. Gay.. munta solusi donk.
      ko asus zenffone 5 saya bbm nya suka keluar terus knpa nya
      PAH harus diganti

      Delete
    3. Gay.. munta solusi donk.
      ko asus zenffone 5 saya bbm nya suka keluar terus knpa nya
      PAH harus diganti

      Delete
  102. kalo suda jadi 1.14 harus upgrade ke 1.18 atau langsung fw terbaru

    ReplyDelete
  103. Om pumya saya TW,kalau mau pindah ke WW bisa cara di atas gak

    ReplyDelete
  104. Gan ko saya versinya ttap 1.96.50.40. Tapi lmyan lah read contact.dll udh g nongol lgi

    ReplyDelete
  105. Gan ane di no 11 macet gan pada waktu mau ketik adb sideload asus14.zip ndak kebaca gan cannot read,,,mohon pencerahanya gan

    ReplyDelete
  106. gan cara ini sama kan seperti flash ulang HH ke bawaan pabrik? HH ane bootloop terus gatau kenapa sepertinya ada yg error firmwarenya. terimakasih

    ReplyDelete
  107. gan ada yang tau gak? saya masuk ke droidboot ASUS ZENFONE 5, tapi kok "recovery " gak ada ya?

    ReplyDelete
  108. siang mas saya macet di no 1 ... karna root explore ya ga mau on ... gimana jalan keluar ya mas..

    ReplyDelete
  109. mw tau ni file /data/local/tmp itu ada di bagian file mana ya?
    saya soalnya bagian file na hanya ada /data ja gk da local dan tmp?
    bsa gk taro di file laen slaen itu?

    ReplyDelete