"tiada kata terlambat untuk belajar dan menambah ilmu pengetahuan"

Saturday, July 23, 2011

Panduan Memilih Netbook


Sesuai dengan namanya, netbook dibuat untuk memenuhi kebutuhan dasar komputasi, seperti melakukan browsing, menulis e-mail, menjalankan aplikasi Office, atau sekedar menikmati multimedia. Semakin banyaknya ragam netbook yang ditawarkan di pasaran mungkin membuat Anda binggung dalam memilih netbook yang tepat. Namun, Anda dapat memperhatikan panduan dasar dalam memilih netbook berikut ini.


  • Processor : untuk processor, Anda dapat memilih seri terbaru. Seri terbaru processor memastikan bahwa Anda dapat menikmati clock speed yang lebih tinggi atau dukungan instruction set yang lebih lengkap. Sebagai contoh, Intel Atom D5xx dapat mendukung instruction set 64-bit serta memiliki graphic processor yang terintegrasai dengan CPU.
  • Memory : jumlah memory yang ideal untuk menjalankan sistem operasi seperti Windows 7 Starter Edition atau Linux dengan stabil adalah 1 GB. Anda dapat memilih netbook dengan memory 2 GB atau 4 GB jika ingin membutuhkan kinerja yang lebih cepat dan stabil.
  • Harddisk : netbook merupakan perangkat portabel yang rentan terhadap goncangan. Harddisk biasa memang cenderung memiliki kapasitas yang besar, tetapi harddisk dengan tipe SSD ( Solid State Drive ) lebih tahan terhadap goncangan. SSD menggunakan microchips dan tidak mengandung piringan yang berputar seperti harddisk biasa. Selain itu, SSD memiliki waktu akses yang lebih cepat daripada harddisk biasa,  namun harga untuk harddisk SSD jauh lebih mahal dari harddisk biasa.
  • Jumlah port : untuk interaksi dengan berbagai perangkat eksternal seperti MP3 player, iPOD, kamera digital, printer, scanner, atau monitor eksternal, saat ini dibutuhkan koneksi port USB atau VGA. Semakin banyak jumlah port yang dimiliki, semakin banyak pula perangkat eksternal yang dapat ditangani.
  • Sistem Operasi : sistem operasi yang ideal untuk digunakan netbook adalah sistem operasi yang tidak menghabiskan terlalu banyak sumber daya CPU. Untuk sistem operasi Linux, Anda dapat menggunakan Ubuntu Netbook Edition yang memang dioptimasi untuk dijalankan pada netbook dengan processor Intel Atom. Aplikasi standar untuk Ubuntu Netbook Edition adalah web browser (Firefox/Chrome), e-mail client (Evolution), instant messenger (Emphaty), media player (Rhytmbox), photo viewer (F-spot), dan office suite (OpenOffice.org). Untuk Windows Anda dapat menggunakan Windows XP Home Edition atau Windows 7 Starter Edition.
Demikian sedikit panduan dalam memilih netbook dari Saya, semoga bisa bermanfaat untuk Anda yang sedang binggung dalam memilih netbook.


ilustrasi gambar : google.co.id

No comments:

Post a Comment