"tiada kata terlambat untuk belajar dan menambah ilmu pengetahuan"

Monday, July 25, 2011

Tips Menggunakan Netbook

Sebelumnya Saya pernah menulis artikel tentang panduan memilih netbook, kali ini Saya ingin berbagi sedikit tips tentang bagaimana cara menggunakan atau mengoptimalkan kinerja netbook Anda. Karena netbook bukanlah tipe komputer yang didesain untuk mengerjakan tugas-tugas berat, pastikan untuk menggunakannya dalam batas yang wajar. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Anda menggunakan netbook antara lain :

  • Meng-upgrade Sistem Operasi : umumnya, sistem operasi versi terbaru membutuhkan sumber daya yang lebih besar dibandingkan versi sebelumnya.Meng-upgrade sistem operasi berarti menambahkan beban netbook. Downgrade versi sistem operasi merupakan pilihan yang tidak buruk jika Anda ingin meningkatkan performa netbook Anda.
  • Menjalankan Banyak Aplikasi Sekaligus : netbook tidak didesain dengan processor desktop yang dapat bekerja nyaris sempurna untuk berjalan secara multitasking atau menjalankan banyak aplikasi sekaligus. Jika Anda ingin menjalankan banyak aplikasi sekaligus pada netbook, pilihlah aplikasi yang ringan agar kinerja processor tidak berlebihan. Aplikasi yang terlalu berat, seperti aplikasi desain grafis, tidak disarankan untuk dijalankan bersamaan dengan aplikasi lain.
  • Menggunakan Keyboard/Mouse yang Nyaman : sebenarnya wajar jika selama ini Anda merasa tidak nyaman ketika mengetik atau menggerakan mouse di netbook. Portabilitas netbook harus ditukar dengan ketidaknyamanan dalam mengetik atau menggerakan mouse. Hal itu bisa Anda atasi dengan menambahkan mouse dan pad dengan port USB. Beberapa vendor juga menyediakan keyboard terpisah atau keyboard lipat untuk netbook.
  • Netbook Bukan Game Center : kurang tepat jika anda menjadikan netbook sebagai game center untuk bermain berbagai jenis game yang membutuhkan sumber daya yang besar, misalkan game 3D. Namun, boleh juga Anda menggunakan netbook untuk bermain game ringan seperti game Arcade, Action, dan RPG yang tidak membutuhkan resource besar.
  • Menambahkan Harddisk Eksternal : penambahan harddisk secara internal secara teknis akan lebih merepotkan karena tidak tersedianya ruang di netbook. Opsi untuk menambahkan space adalah dengan membeli harddisk eksternal.
Demikian sedikit tips dari Saya dalam menggunakan netbook, semoga dapat bermanfaat. Bila Pembaca mau menambahkan tips bermanfaat yang lain silahkan masukan dalam kotak komentar. Kritik dan saran dari pembaca sangat saya harapkan untuk kemajuan blog ini.Terimakasih.

1 comment:

  1. kalau ngeblog pakai netbook kira-kira boleh nggak Mas?trus saya hobi main game dinetbook tapi saya cuma main game ponsel java pakai java emulator.ukuran gamenya nggak sampai 1 mb.kira-kira pantaskah Mas?dijawab ya....

    ReplyDelete